Tuesday, November 18, 2014

25 Pelajar Tertipu Puluhan Juta Rupiah

MEDAN-
Saat ini, berbagai cara dilakukan orang untuk meraup pundi-pundi uang, tak terkecuali dengan melakukan aksi penipuan. Hal terebutlah yang diduga dilakukan seorang instruktur tari SMK Parmaca terhadap 25 pelajarnya. Puluhan juta uang dan harta benda pun lewong.
Dalam aksinya tersebut, Iwan menipu dengan modus mengiming-imingi para korbannya menjadi model sampul kalender tahun 2015. Dia pun mempersiapkan segala sesuatunya, seolah akan melakukan sesi pemotretan di Hotel JW Marriot, Jl Putri Hijau, Medan.
Sebelum menuju Hotel JW Mariot tersebut, ke 25 pelajarpun dikumpulkan di sekolah yang berada di Jl Tinta Medan. Usai berjumpa, pelaku kemudian mengarahkan para pelajar tersebut ke salahsatu salon yang berada di Jl Ayahanda Medan.
“Kumpul di sekolah, anak saya permisi hari Minggu pagi.  Menumpangi empat unit mobil rental, mereka dibawa ke salon untuk dirias,” ungkap orangtua murid, J Napitupulu (54) saat berada di Polresta Medan guna melaporkan kejadian tersebut.
Lebih lanjut, bebernya, sesampainya di salon tersebut, Iwan kemudian mengumpulkan harta benda para pelajar. Hal tersebut lantaran kala itu korbannya tengah di rias adat daerah. "Sampai di salon itulah, harta benda mereka dikumpulin, seperti uang dan handphone, karena mereka dirias pakaian adat gitu,” ungkapnya.
Kemudian, tambah Napitupulu, usai dirias, para korban selanjutnya diarahkan pelaku ke Hotel JW Marriot yang berada di Jl Putri Hijau Medan. Merasa senang sebentar lagi dapat berpose di gedung pencakar langit itu, para korban pun tak menyadari mereka sedang dalam target penipuan.
Buktinya, sesampainya di tempat tersebut, sang instruktur tak kunjung tiba. Makanya, para korban pun kemudian memutuskan untuk menunggu berharap Iwan tiba.
Namun sayang, setelah ditunggu beberapa jam, Iwan tak juga kunjung tiba. Alhasil, para korban pun menjadi panik. Ditambah lagi, di saat yang bersamaan, pihak hotel juga menegur mereka karena sudah terlalu lama berada di loby. “Disitulah mereka (korban) menyadari kalau sudah mengalami penipuan,” kata Napitupulu.
Dari harta benda korban yang dikumpulkan, ditaksir pelaku meraup keuntungan lebih dari Rp25 juta. “Anak saya merugi Rp1 juta. Karena handhone dan uang diambil, rata rata korban merugi Rp 1 Juta, ini pasti ada kaitannya dengan pihak sekolah, makanya kami minta sejauh mana pertanggungjawaban mereka,” beber ayah korban.
Sementara, pihak sekolah enggan memberikan penjelasan mengenai kasus ini. “Sibuk kali pun kau, udalah gak tau aku,” ketus salah seorang guru sekolah berpakaian baju berwarna serba hijau ini. Peristiwa tersebut kemudian dilaporkan para murid kepada pihak sekolah yang juga memanggil orangtua para korban dan kemudian melaporkannya ke Mapolresta Medan, Senin (17/11) siang.
Salah seorang korban, Sara (14) siswa kelas X yang ditemui sejumlah wartawan menyebutkan, dirinya bersama korban lain mengaku tidak menyangka menjadi korban penipuan pelaku dengan modus ditawari menjadi model sampul kalender 2015.
"Kami pertamanya dapat SMS dari abang itu (pelaku). Katanya kami disuruh kumpul di sekolah hari Minggu untuk ikut pemotretan jadi model Kalender 2015. Kami ya percaya aja. Karena dia (pelaku) sempat ngajar tari di sekolah Sabtu (15/11) kemarin. Pas udah kumpul di sekolah, kami dibawa ke salon. Siap didandani, semua barang-barang katanya harus dititip. Jadi semuanya dikasih ke dia (pelaku). Kami dibawa naik mobil diantar ke hotel JW Mariot sambil nunggu dia (pelaku) datang. Rupanya sampai seharian nggak datang-datang sampai kami disuruh nunggu di halte," ujar Sara.
Hingga saat ini pihak kepolisian masih menyelidiki laporan dari para korban didampingi perwakilan sekolah dan orangtua. Penyidik juga mengaku masih menyelidiki identitas pelaku.

"Masih kita selidiki dulu laporannya, korban-korban juga masih dimintai keterangannya," ujar Kasat Reskrim Polresta Medan, Kompol Wahyu Bram Istanto singkat.(mri/ind)

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    ReplyDelete