Wednesday, November 5, 2014

Buruh Demo Bupati Langkat, Tuntut Kenaikan Upah

Massa buruh demo kantor Bupati Langkat.
STABAT-
Seratusan buruh berunjuk rasa damai ke kantor Bupati Langkat dan Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Langkat, Selasa (4/11). Mereka menuntut kenaikan upah dan penggodokan upah minimum kabupaten (UMK) segera ditetapkan.
Unjuk rasa dilakukan dua elemen buruh Persatuan Buruh Indonesia (PERBUNI) dan Serikat pekerja multi sektor  (SPMS). Mereka meminta kenaikan UMK dari Rp,1.575.000,- menjadi Rp,2.400.000,- jumlah yang dianggap layak dengan kebutuhan buruh.
Para buruh, melalui koordinator aksi Helmi dalam orasinya meminta agar Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor 7 Tahun 2013 tentang upah minimum, dijadikan dasar dalam pembahasan upah minimum kabupaten (UMK) Tahun 2015 itu.
Berdasarkan pengamatan buruh serta kondisi saat ini, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh Gubernur, Bupati dan Dewan pengupahan sehubungan dengan penggodokan UMK Langkat 2015 itu.
Helmi berharap agar Pemkab Langkat dan Gubsu mau membuat buruh Langkat hidup layak, lebih baik dari Tahun 2014. “Tetapkan UMK Langkat 2015 sebesar Rp,2.400.000,- nilai yang diperoleh dari hasil survey harga yang dilakukan oleh buruh di sekitar tempat tinggalnya,” katanya.
Dikatakannya, angka itu dinilai bisa memenuhi komponen hidup layak seperti disebutkan dalam permenakertrans Nomor 13 Tahun 2012. “Nilai ini tidak akan membuat buruh kaya atau hidup berlebihan. Sebab ini hanyalah nilai dari 60 komponen kebutuhan kebutuhan hidup layak,” ujarnya.
Helmi mencontohkan, seperti pulpen yang diberikan kepada buruh, ternyata tidak diikuti dengan memberikan buku tulisnya. “Masih banyak hal lain dalam komponen hidup layak yang harus ditingkatkan kualitasnya,” tegasnya.
Sementara itu kepada awak media ini, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Langkat H Saiful Abdi SH SE Sag mengatakan, pihaknya sangat mendukung permintaan para buruh.

"Iya... Saya apresiasi permintaan rekan-rekan buruh. Tapi soal tuntutan kenaikan upah itu, saya haruslah mengajak rekan lainnya seperti dewan pengupahan dan dewan-dewan buruh lainnya," ujarnya di sela menjelang rapat dengan beberapa pejabat lainnya di kantor Bupati Langkat. (jon)

No comments:

Post a Comment