Thursday, December 4, 2014

Bayi Kembar Tiga Lahir di Pondok Tanpa Pertolongan Medis



TAPTENG - Suarni Zebua (25) melahirkan bayi kembar tiga di sebuah pondok yang dijadikan tempat tinggal di kampungnya di Dusun II, Desa Pagaran Honas, Kec Badiri, Kab. Tapteng, sekitar pukul 22.00 Wib.
Suaminya, Arianus Waruwu  (32) yang mengetahui istrinya sudah melahirkan dibantu warga bergegas naik ke pondok yang berada di atas perkampungan. Ketiga anaknya lahir di pondok tersebut tanpa adanya pertolongan medis. Proses kelahiran ketiga anaknya berjalan dengan mulus, namun untuk pengecekan kesehetan Suarni terpaksa dibawa ke rumah keluarganya untuk mendapat perawatan dari bidan yang kebetulan bertugas di posko pengungsi korban longsor tersebut.
Ketiga bayi kembar itu menurut perawat di Pagaran Honas, Tetty Purba dan A Zebua memiliki bobot sekitar 1 kg, seharusnya bobot bayi baru lahir dengan kondisi sempurnah itu harus memiliki bobot sekitar  2,5 kg. Meskpun demikian bayi itu dalam kondisi sehat .
“ Menurut kebiasaannya dan sesuai dengan kesehatan bayi yang lahir itu seharus nya memiliki berat sekitar 2,5 kg satu orang bayi, tetapi setelah kami lihat dan gendong ternyata berat bayi itu hanya seberat 1 kg saja. Dan salah satu dari bayi tersebut mengalami gangguan pada hidungnya keluar cairan. Makanya kita sarankan bayi tersebut harusnya dibawa ke rumah sakit dan ditempatkan dalam inkubator,” terang Tetty Purba.
Ayah bayi, Arianus Waruwu kepada New Tapanuli (Grup POSMETRO MEDAN) mengaku, saat dilahirkan istrinya hanya dibantu mertuanya. “Saya bahagia setelah saya ketahui bahwa istri dan ketiga anak saya selamat. Semula tidak menduga bahwa istri saya akan melahirkan anak kembar tiga. Tapi kenyataannya itulah yang diberikan Tuhan buat kami. Kita harus menerimanya dan beryukur kepada Tuhan kiranya ketiga anak saya itu nantinya sehat selamanya,” katanya.
Menurutnya, dia belum memikirkan nama ketiga anaknya karena masih memikirkan kesehatan ketiga anak dan istrinya. “Saya tidak lupa mengucapkan terimaksih kepada orang-orang yang telah menolong istri saya, dan atas bantuannya itu kiranya Tuhan membalasnya,” katanya. (amb/smg)

No comments:

Post a Comment