Tuesday, October 14, 2014

Pohon Tumbang Timpa Mobil Patroli Satlantas


BINJAI-
 Pohon pelindung jenis flamboyan yang tumbuh di tepi Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, tepatnya di depan Pos Polisi Tugu Pahlawan Kota Binjai, mendadak tumbang, Senin (13/10) pukul 09.15 WIB.
Beruntung tidak ada pengendara melintas saat peristiwa itu terjadi. Namun, dua unit kendaraan yang terparkir dibawah pohon mengalami ringsek berat akibat tertimpa dahan, yakni sepedamotor Honda Astrea Supra X hijau BK 5170 EE dan mobil Patwal Satlantas Polres Binjai II 112-30.
Guna menjamin kelancaran arus lalu lintas di kawasan itu, pihak Satlantas Polres Binjai seketika itu mengalihkan seluruh kendaraan yang melintas melewati jalur alternatif lain.
Sebaliknya, belasan petugas gabungan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai langsung dikerahkan untuk membersihkan kayu dan dahan.
Camat Binjai Timur Nasrullah Effendi mengatakan, tumbangnya pohon pelindung diduga karena usia pohon yang sudah tua, yakni lebih 40 tahun. Ini mengingat bagian pangkal batang dan akarnya sudah terlihat keropos dan mulai membusuk.
Hal senada juga dikatakan Kasat Lantas Polres Binjai, AKP Faidil Zikri, kalau peristiwa tumbangnya pohon diduga karena sudah tua sehingga akar pohon sudah tidak mampu untuk menahan beratnya dahan dan ranting pohon.
"Peristiwa ini terjadi di duga akibat hujan deras yang melanda Kota Binjai pada Minggu malam, sehingga pohon tidak dapat menahan kencangnya angin," jelasnya.

Meski tidak ada korban jiwa, akibat peristiwa ini, satu unit mobil patroli dan satu sepeda motor mengalami rusak parah. "Mobil dinas dan sepeda motor Sat Lantas Binjai, rusak parah dan harus di evakuasi," terangnya. (bam/smg/han)

No comments:

Post a Comment